Tiga Tips Jitu Menjadikan Sepeda Motor Standar Lebih Kencang Namun Tetap Irit Bahan Bakar

Dunia Otomotif.92 - Salam hangat para bikers tanah air, kita yang sering berkendara dengan menggunakan motor khususnya anak muda, pasti merasakan ada beberapa kekurangan pada motor, terutama dari segi performa motor. Bagi riders yang menyukai dan cinta akan kecepatan, pasti masih saja merasa kurang puas akan kecepatan motor yang telah dimiliki. Selain mengenai kecepatan, masalah keiritan motor pun turut menjadi perhatian para riders, dan meskipun motor yang saat ini yang mungkin dirasa sudah irit, namun pengendara akan merasa bahwa motor masih kurang irit. Perlu diketahui, untuk membuat motor menjadi lebih kencang dan irit adalah dua dimensi yang berbeda, karena cukup sulit menggabungkan kedua hal tersebut, namun berikut ini tips mudah untuk menggabungkan irit dan kencang menjadi satu, seperti yang dilangsir www.hargamotor.co.id [30/03/2015].

• Porting Polish

Langkah perdama adalah Porting polish, cara ini sangat banyak diminati waktu saya SMA dulu, mengapa demikian? ya, karena biayanya murah dengan hasil kenaikan tenaga yang lumayan. Porting polish menjadi lebih kencang namun irit bahan bakar sekaligus. Porting polish dilakukan pada bagian head kendaraan, untuk memperlancar proses hisap dan buang pada saat melakukan pembakaran dalam mesin. Proses ini biasanya kurang diperhatikan oleh produsen, karena kebanyakan para produsen mengejar produksi masal untuk menekan penjualan. Porting polish dapat menambah ‘nafas’ dan tenaga motor pengendara, sekaligus membuat proses hisap dan proses buang menjadi lebih efisien.

• CDI dan ECU Racing

Timing pengapian dapat dimajukan, untuk mempercepat preses pembakaran, dan menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi. Biasanya dalam memajukan timing pengapian, anda dapat mengganti komponen CDI dengan kurva pengapian yang lebih maju, atau gunakan CDI yang timing pengapiannya dapat diatur. Penggantian koil dapat digunakan untuk memperbesar api yang nantinya akan membakar AFR pada ruang bakar. Pergunakanlah bahan bakar yang beroktan tinggi, misalnya pertamax dan pertamax plus, bisa juga ditambahkan penguat oktan. Hal ini akan menyebabkan mesin menjadi bertenaga karena proses pembakaran yang sempurna. Namun untuk jenis sepeda motor modern saat ini sudah menggunakan teknologi fuel injection, yang diatur oleh komputer. Itu artinya setiap motor yang memiliki sistem pembakaran dengan menggunakan fuel injection pastilah memiliki ECM atau ECU yang mengatur. Pengendara dapat membeli produk ECM atau ECU aftermartket yang tersedia di pasaran namun sayang, penggantian ECM dan ECU ini masih mahal komponennya akan tetapi memiliki efek yang sangat signifikan terhadap motor. Penggantian perangkat ini sebaiknya disertai dengan pemasangan knalpot racing supaya tenaga tidak tertahan pada knalpot standar.

• Gunakan ban cacing

Ini adalah langkah terakhir yaitu mengganti ban standar motor yang di rancang dari produsen, penggantian ban yang lebih kecil bisa dilakukan satu tingkat, misalnya ban standar ukuran 80/90 bisa diganti menjadi ukuran 80/80. Mengapa hanya satu tinggat? ya karena untuk menjaga kestabilan sepeda motor dan terutama keselamatan kita. Semoga beberapa tips di atas cukup membantu.

Demikian tadi tips mudah membuat motor standar menjadi lebih kencang, perlu diingat sebaiknya memilih salah satu dari tip di atas demi pemakaian bahan bakar yang tetap tetap irit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Harga 7 Motor 600cc Terlaris Di Indonesia

Cara Memperbaiki Cipiti By Andy Brikaz - Dunia Otomotif.92

Motor Baru Honda Ini Sangat Cantik dan Inovatif